
Pembekalan Mental Kelas Industri Horison “Hotel Accounting” Batch 1
PT. Metropolitan Golden Management (Horison Group) bekerja sama dengan SMK Negeri 2 Semarang mengadakan kegiatan pembekalan mental dalam rangka persiapan penyerapan lulusan siswa-siswi SMK Negeri 2 Semarang yang tergabung dalam Kelas Industri Horison “Hotel Accounting” Batch 1. Lulusan tersebut nantinya akan ditempatkan di berbagai unit Horison Group di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yaitu Kamis hingga Sabtu, 16-18 Januari 2025 di Ruang Media SMK Negeri 2 Semarang. Narasumber kegiatan adalah Bapak Irfan Prasatya selaku Corporate General Manager Learning & Development PT. Metropolitan Golden Management. Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah The Future Leader is YOU” dengan peserta yang terdiri dari 31 siswa siswi kelas XII AKL 2 yang telah menyelesaikan prakerin selama 1 tahun di 6 unit Horison Group yang tersebar di Kota Semarang.
Kegiatan pada hari pertama dimulai dengan perkenalan profil narasumber sekaligus sebagai motivasi awal bagi para peserta agar lebih bersemangat dan fokus dalam mengikuti materi yang disampaikan. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai IQ, ES, SQ dan A Q. Pada hari kedua, peserta mempelajari tentang konselium dan bagaimana cara mengimplementasikannya dalam dunia kerja yang disesuaikan dengan Visi dan Misi Horison Group. Selanjutnya di hari ketiga, peserta diberikan penjelasan tentang “service excellent” dan tantangan bagi seorang pemimpin.
Poin-poin penting yang didapatkan oleh peserta selama pembekalan 3 hari antara lain:
- Menghindari pemikiran "I am No Where" (Negative Subconscious) dan menerapkan pemikiran "I am Now Here" (Positive Subconscious) adalah langkah awal menuju kesuksesan. Peningkatan IQ, ES, SQ, dan AQ dapat dicapai melalui pola pikir yang positif dan pola makan yang sehat. Ketekunan dan sikap pantang menyerah menjadi kunci utama dalam meraih kesuksesan. Motivasi dalam bekerja meliputi empat aspek utama, yaitu mendapatkan uang, membina hubungan, berkembang, dan melayani. Sedangkan prinsip kebahagiaan yaitu bersyukur, bersabar, bersahaja (untuk diri sendiri), berbagi, kasih, pemaaf (orang lain), berserah (Tuhan).
- Nilai Inti atau core value sama dengan prinsip kebahagiaan. Dengan menerapkan core value dapat membuat kita mencapai motivasi kerja tertinggi yakni melayani. Menetapkan, menerapkan, dan mempelajari nilai inti akan membentuk pola pikir dan karakter kita dalam berperilaku yang dapat menentukan nasib diri kita sendiri. Selain itu, menerapkan nilai inti juga membantu kita menghindari sikap menghakimi orang lain.
- Service excellence adalah memberikan nilai yang memenuhi atau bahkan melampaui harapan pelanggan. Tiga pilar dari service excellence meliputi nilai yang dibayarkan atau product excellent, simpel dan mempermudah atau proses excellent, pola pikir dan pelayanan atau people excellent.
- Tantangan dari seorang pemimpin adalah mampu meningkatkan keuntungan dan nilai tambah serta mampu membantu perusahaan bertahan dan bertumbuh dengan pesat.
- Mindset adalah cara pandang cara berpikir yang memengaruhi bagaimana kita menghadapi sebuah atau suatu situasi. Mindset sendiri dibagi menjadi dua yakni fixed mindset dan growth mindset. Fixed mindset adalah percaya bahwa keahlian kepintaran perilaku dan kualitas seseorang adalah sesuatu yang tetap. Sedangkan growth mindset adalah percaya bahwa keahlian sesuatu hal yang bisa dikembangkan melalui dedikasi dan kerja keras, kepintaran dan talenta hanyalah satu titik awal.
Aktivitas peserta yang cukup berkesan adalah mendiskusikan secara kelompok mengenai inti dari poin-poin nilai inti, arti profesional melakukan sesuatu dengan penuh dan mengesampingkan masalah pribadi, arti kejujuran atau integritas jadi melakukan yang benar meski tidak ada yang mengawasi, arti keterbukaan yakni bersikap terbuka dan menerima, arti kebersamaan yakni menerima sesama dan saling mendukung, arti tanggung jawab sosial yakni selalu terlibat hal baik yang menguntungkan orang lain.
Selamat bagi para peserta “Hotel Accounting” Batch 1, semoga mendapatkan penempatan yang terbaik setelah kelulusan dari SMK Negeri 2 Semarang. Horison “Yes We Care”.
Penulis : Ema Charolina Paembonan, S.E., M.Ak., Gr. (Waka Humas dan Kerjasama Industri SMKN 2 Semarang)
Editor 1 : Faridha Noor Dika, S.Pd., Gr. (Guru SMKN 2 Semarang)
Editor 2 : Mega Nanda Kurniawan, S.Kom. (Guru SMKN 2 Semarang)
Tulisan Lainnya
Senam Sehat di SMKN 2 Semarang
SMK Negeri 2 Semarang melaksanakan kegiatan senam bersama yang diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan karyawan, serta mahasiswa PPL UPGRIS dan UNNES pada Jumat, 14 Februari 2025. Se
SMK Negeri 2 Semarang Bangun Kebersamaan melalui Capacity Building
SMK Negeri 2 Semarang mengadakan kegiatan Capacity Building pada 8 Februari 2025 di Rumah Atsiri, Tawangmangu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sik
Edukasi Literasi Keuangan PT Bank Mandiri, Tbk bagi Siswa - Siswi SMKN 2 Semarang
Jumat, 7 Februari 2025, di Aula SMK Negeri 2 Semarang, dilaksanakan kegiatan Literasi Keuangan Livin by Bank Mandiri yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 2 Semarang. N
Kegiatan Rutin Jumat Religi Di SMK Negeri 2 Semarang
Semarang, SMK Negeri 2 Semarang secara rutin menyelenggarakan kegiatan Jumat Religi sebagai wadah pembinaan spiritual bagi seluaruh warga sekolah. Bertepatan pada hari Jumat, 7 Februa
Semarak Peringatan Isra Mikraj Di SMKN 2 Semarang
Dalam rangka memperingati Isra Mikraj 1446 Hijriah, SMK Negeri 2 Semarang laksanakan serangkaian kegiatan dengan meriah. Peringatan tahun ini mengusung tema “Menginspirasi Umat
SMK Negeri 2 Semarang laksanakan sosialisasi kesehatan bersama AFC life Science
SMK Negeri 2 Semarang laksanakan sosialisasi kesehatan bersama AFC life Science, Kamis (16/01/2025). Kegiatan dilaksanakan di ruang media dari pukul 07.15 sampai 08.15 WIB, dan diikut
Konser Sepanggung Bersama Sari Gandum di SMK NEGERI 2 SEMARANG
Kamis, 16 Januari 2025, SMK Negeri 2 Semarang menyelenggarakan acara spektakuler bertajuk “Konser Sepanggung Bersama Sari Gandum”. Kegiatan ini merupakan bagian dari progr
Tingkatkan Serapan Lulusan Kerja, SMKN 2 Semarang Laksanakan Sosialisasi Ausbildung
Semarang, 10 Januari 2025 - SMK Negeri 2 Semarang laksanakan kegiatan sosialisasi Ausbildung di Jerman bersama Rudi Russel Akademie. Sosialisasi dilaksanakan di aula sekolah dari puku
Jumat Religi di SMK Negeri 2 Semarang: “Wayang Dakwah: Wanita yang Dirindukan Surga”
Pada hari Jumat, 10 Januari 2024, bertepatan dengan 10 Rajab 1446 H, SMK Negeri 2 Semarang mengadakan kegiatan Jumat Religi yang berlangsung di halaman depan Perpustakaan SMK Negeri 2
Berkonsep GEN-Z, Siswa Kristen Katolik SMKN 2 Semarang Mengadakan Perayaan Natal
Sebagai bukti termasuk Gen-Z, siswa Kristen Katolik Mengambil tema yang berbeda, dalam merayakan natal, pada 14 Desember 2024 pukul 09.00 sampai 14.00 WIB di SMKN 2 Semarang, jalan Dr