
Pembekalan Mental Kelas Industri Horison “Hotel Accounting” Batch 1
PT. Metropolitan Golden Management (Horison Group) bekerja sama dengan SMK Negeri 2 Semarang mengadakan kegiatan pembekalan mental dalam rangka persiapan penyerapan lulusan siswa-siswi SMK Negeri 2 Semarang yang tergabung dalam Kelas Industri Horison “Hotel Accounting” Batch 1. Lulusan tersebut nantinya akan ditempatkan di berbagai unit Horison Group di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yaitu Kamis hingga Sabtu, 16-18 Januari 2025 di Ruang Media SMK Negeri 2 Semarang. Narasumber kegiatan adalah Bapak Irfan Prasatya selaku Corporate General Manager Learning & Development PT. Metropolitan Golden Management. Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah The Future Leader is YOU” dengan peserta yang terdiri dari 31 siswa siswi kelas XII AKL 2 yang telah menyelesaikan prakerin selama 1 tahun di 6 unit Horison Group yang tersebar di Kota Semarang.
Kegiatan pada hari pertama dimulai dengan perkenalan profil narasumber sekaligus sebagai motivasi awal bagi para peserta agar lebih bersemangat dan fokus dalam mengikuti materi yang disampaikan. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai IQ, ES, SQ dan A Q. Pada hari kedua, peserta mempelajari tentang konselium dan bagaimana cara mengimplementasikannya dalam dunia kerja yang disesuaikan dengan Visi dan Misi Horison Group. Selanjutnya di hari ketiga, peserta diberikan penjelasan tentang “service excellent” dan tantangan bagi seorang pemimpin.
Poin-poin penting yang didapatkan oleh peserta selama pembekalan 3 hari antara lain:
- Menghindari pemikiran "I am No Where" (Negative Subconscious) dan menerapkan pemikiran "I am Now Here" (Positive Subconscious) adalah langkah awal menuju kesuksesan. Peningkatan IQ, ES, SQ, dan AQ dapat dicapai melalui pola pikir yang positif dan pola makan yang sehat. Ketekunan dan sikap pantang menyerah menjadi kunci utama dalam meraih kesuksesan. Motivasi dalam bekerja meliputi empat aspek utama, yaitu mendapatkan uang, membina hubungan, berkembang, dan melayani. Sedangkan prinsip kebahagiaan yaitu bersyukur, bersabar, bersahaja (untuk diri sendiri), berbagi, kasih, pemaaf (orang lain), berserah (Tuhan).
- Nilai Inti atau core value sama dengan prinsip kebahagiaan. Dengan menerapkan core value dapat membuat kita mencapai motivasi kerja tertinggi yakni melayani. Menetapkan, menerapkan, dan mempelajari nilai inti akan membentuk pola pikir dan karakter kita dalam berperilaku yang dapat menentukan nasib diri kita sendiri. Selain itu, menerapkan nilai inti juga membantu kita menghindari sikap menghakimi orang lain.
- Service excellence adalah memberikan nilai yang memenuhi atau bahkan melampaui harapan pelanggan. Tiga pilar dari service excellence meliputi nilai yang dibayarkan atau product excellent, simpel dan mempermudah atau proses excellent, pola pikir dan pelayanan atau people excellent.
- Tantangan dari seorang pemimpin adalah mampu meningkatkan keuntungan dan nilai tambah serta mampu membantu perusahaan bertahan dan bertumbuh dengan pesat.
- Mindset adalah cara pandang cara berpikir yang memengaruhi bagaimana kita menghadapi sebuah atau suatu situasi. Mindset sendiri dibagi menjadi dua yakni fixed mindset dan growth mindset. Fixed mindset adalah percaya bahwa keahlian kepintaran perilaku dan kualitas seseorang adalah sesuatu yang tetap. Sedangkan growth mindset adalah percaya bahwa keahlian sesuatu hal yang bisa dikembangkan melalui dedikasi dan kerja keras, kepintaran dan talenta hanyalah satu titik awal.
Aktivitas peserta yang cukup berkesan adalah mendiskusikan secara kelompok mengenai inti dari poin-poin nilai inti, arti profesional melakukan sesuatu dengan penuh dan mengesampingkan masalah pribadi, arti kejujuran atau integritas jadi melakukan yang benar meski tidak ada yang mengawasi, arti keterbukaan yakni bersikap terbuka dan menerima, arti kebersamaan yakni menerima sesama dan saling mendukung, arti tanggung jawab sosial yakni selalu terlibat hal baik yang menguntungkan orang lain.
Selamat bagi para peserta “Hotel Accounting” Batch 1, semoga mendapatkan penempatan yang terbaik setelah kelulusan dari SMK Negeri 2 Semarang. Horison “Yes We Care”.
Penulis : Ema Charolina Paembonan, S.E., M.Ak., Gr. (Waka Humas dan Kerjasama Industri SMKN 2 Semarang)
Editor 1 : Faridha Noor Dika, S.Pd., Gr. (Guru SMKN 2 Semarang)
Editor 2 : Mega Nanda Kurniawan, S.Kom. (Guru SMKN 2 Semarang)
Tulisan Lainnya
Apetito Goes To School di SMK Negeri 2 Semarang: Serunya Bagi-Bagi Camilan dan Makan Bareng!
Pada tanggal 7 Mei 2025 SMK Negeri 2 Semarang menjadi tuan rumah kegiatan seru bertajuk “Apetito Goes To School”. Kegiatan ini merupakan bagian dari program promosi dan ed
Pelantikan Penegak Bantara 2025 Gudep 10.099–10.100 Pangkalan SMK N 2 Semarang: Membentuk Generasi Muda Berintegritas, Mandiri, dan Bertanggung Jawab
Pada tanggal 18 - 19 April 2025, SMK Negeri 2 Semarang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan kepramukaan, yakni Pelantikan Anggota Penegak Bantara Tahun 2025. Kegiatan
Kolaborasi SMKN 2 Dan SMKN 5 Dalam Paskah Bersama
Dengan mengambil tema Victory Over Death peserta didik Kristen dari SMKN 2 dan SMKN 5 mengadakan perayaan paskah bersama pada 26 April 2025 di aula SMKN 2 Semarang, jalan Dr Cipto 121
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Koperasi Siswa Tahun 2025 SMK Negeri 2 Semarang
Pada hari Rabu, tanggal 19 Maret 2025, SMK Negeri 2 Semarang kembali menyelenggarakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pengurus Koperasi Siswa (Kopsis). Kegiatan ini mer
Penyerahan Sertifikat Persiapan dan Testimoni Magang Jepang SMK Negeri 2 Semarang Kerjasama dengan LPK Aishiro Geuken
Semarang – sebagai wujud pengahargaan magang di Jepang bagi peserta didik kelas XII SMK Negeri 2 Semarang dengan bekerjasama LPK Aishiro Geuken, Bapak Sri Suwarno,S.Pd., M.Pd.,&
Pembinaan Kepegawaian dan Persuratan di SMK Negeri 2 Semarang oleh Ibu Angky Mayang Saswati, S.Psi., M.Si.
Rabu, 26 Maret 2025, SMKN 2 Semarang mengadakan kegiatan Pembinaan Kepegawaian dan Persuratan yang dihadiri oleh par
Jadilah Anak Panah Di Tangan Pahlawan
Dalam rangka mengisi pembelajaran tatap muka di bulan ramadhan, dimana harus diisi dengan kegiatan kerohanian, persekutuan siswa Kristen SMKN 2 Semarang, memanggil Ps Estu Cahyono unt
Workshop Penulisan Komik Strip Melalui Media Canva di SMK N 2 Semarang
Kelompok 3 Program Studi Bahasa Indonesia PPG Calon Guru Gelombang 2 Tahun 2024 sukses menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Penulisan Komik Strip Melalui Media Canva” di S
Seleksi PKL Siswa SMKN 2 Semarang di PT Candiraya Group Wujud Kerja Sama untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan
SMKN 2 Semarang kembali menunjukkan konsistensinya dalam meningkatkan kualitas lulusan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menjalin kerja sama dengan berbagai industri untuk Prakt
Bertumbuh Dalam Ketaatan & Kebenaran Oleh Unika Ecclesia Christi Ministry
Selasa, 11 Maret 2025, pukul 09.00 – 14.00 WIB di ruang meeting SMKN 2 Semarang, jalan Dr Cipto 121A Semarang, bersama 30 peserta didik kelas X dan XI Persekutuan Siswa Nasrani